Senin, 30 Juli 2012

Menonaktifkan tombol pada Keybord...

Sebagai pengguna laptop jadul, saya sering sekali menemui masalah-masalah pada laptop saya, mulai dari yang kecil hingga yang besar, penyebabnya pun bervariasi. dari sekian banyak masalah, ada salah satu yang paling bikin saya frustasi, yaitu tombol di keyboard yang sering kepencet sendiri, dan saya yakin sesama pengguna laptop jadul juga pasti mengalami hal sama. pada kasus saya tombol tersebut adalah tombol numlock, dan yang bikin frustasi adalah karena tombol numlock jika ditekan selama lima detik, akan secara otomatis menampilkan perintah hot stickey, yang juga mengeluarkan bunyi yang cukup menjengkelkan (kalo tidak percaya silahkan dicoba, hehe). awalnya saya pikir itu kerjaannya virus, padahal bukan, sama sekali bukan. saya juga sempat melepas tombol-tombol di keyboard saya, tapi tetap saja sama. penyebab pastinya saya sendiri juga belum paham, entah karena korsleting di bagian boardnya, atau karena masalah lain, tapi yang penting adalah bagaimana cara kita untuk mengatasinya.

setelah browsing beberapa saat, saya akhirnya diberikan sedikit pencerahan tentang masalah ini, mulai dari mengatasinya secara manual maupun dengan bantuan software tambahan. untuk cara manualnya, saya tidak terlalu mendalaminya, karena otak saya yang terlalu irit untuk menghafal kode-kode masing-masing tombol tersebut, akhirnya saya memilih untuk menggunakan bantuan software tambahan, yakni program sharpkeys, yang saya temukan dari sumber yang saya baca di http://rahmabasel.blogspot.com/2010/12/cara-disable-tombol-tombol-di-keyboard.html. Setelah mencobanya, saya akhirnya bisa bernapas lega karena bunyi yang menjengkelkan tadi sudah tidak eksis lagi di telinga saya. untuk lengkapnya, langsung ke alamat diatas saja ya, soalnya mau saya tulis disini nanti dibilang copas lagi ni, lagi pula tutor diatas saya rasa yang paling detail, jadi lebih mudah kiranya bagi kita yang masih awam... :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar